18.6.18

Survei Pilgub Sulsel, CRC: Elektabilitas Prof Andalan Teratas dengan 34,6 Persen



Herman Heizer Direktur Eksekutif CRC saat konferensi pers di Hotel Four Point by Sheraton Makassar. Senin, (18/6/2018) foto Fatahillah Mansur.  
INVOMAKASSAR.COM -Makassar- Celebes Research Center (CRC) telah merilis laporan survei yang terbaru untuk pilkada Sul-Sel pemilihan Gubernur-Wakil Gubernur Sulawesi Selatan di Four Point by Sheraton Makassar. Senin, (18/6/2018).
Herman Heizer sebagai Direktur Eksekutif Riset CRC mengatakan bahwa, hasil survei ini adalah survei ini secara resmi dirilis perilaku pemilih pilgub Sulsel terhadap empat kandidat calon gubernur dan wakil gubernur Sulsel yang dilakukan sejak 2 hingga 10 Juni 2018.
Dari empat pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Sulsel yang bertarung di Pilgub hasilnya, pasangan nomor urut 3 Prof Nurdin Abdullah-Andi Sudirman Sulaiman atau Prof-Andalan unggul telak dari Elektabilitas yakni sebesar 34,6 persen.
"Prof-Andalan 34,6 persen sedangkan urutan kedua pasangan nomor urut 1 NH-Aziz sebesar 26,3 persen, diurutan ketiga IYL-CAKKA sebesar 21,4 persen dan diurutan terbawah adalah pasangan Agus-Tanribali 6,2 persen, dengan trend elektabilitas dari 24 Kota/Kabupaten," jelas  Herman Heizer saat konferensi pers.
Lebih lanjut Herman menuturkan bahwa, sebanyak 11,5 persen pemilih yang belum menjawab atau belum menentukan pilihannya. Ini diambil dari survei di 24 Kota/Kabupaten dengan mengambil 1.110 responden yang terbagi secara proporsional di tiap daerah-daerah.
"Jadi tingkat keyakinan dari Prof-Andalan lebih tinggi dari pada calon lain sebanyak 60 persen lebih dan itu lebih berpeluang memenangkan pemilihan Gubernur-Wakil Gubernur Sulawesi Selatan mendatang," terang Herman.
Dirinya juga menjelaskan bahwa, hasil riset ini banyak temuan di lapangan. Masyarakat Sulsel sudah tau dari keempat pasangan calon, dengan wawancara langsung ke responden jadi respon mereka cepat dengan memilih kandidat tersebut.
Sementara margin of error dalam survei perilaku pemilih Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sulsel tersebut yakni 2,9 persen. (Fatahillah Mansur)